Pendidikan dan Pengajaran
No | Kode | Nama | SKS |
1 | SNJ60004J | Bahasa Arab 1 | 2 |
2 | NAS60003J | Bahasa Indonesia | 2 |
3 | SNJ60006J | Bahasa Inggris 1 | 2 |
4 | SNJ60001J | Ilmu Al-Quran | 3 |
5 | SNJ60002J | Ilmu Hadits | 3 |
6 | ITK60003J | Ilmu Pendidikan Islam | 3 |
7 | NAS60001J | Pancasila | 2 |
TOTAL | 17 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | PAI60003J | Akhlaq Tasawuf | 3 |
2 | SNJ60005J | Keterampilan Bahasa Arab 2 | 2 |
3 | SNJ60007J | Keterampilan Bahasa Inggris 2 | 2 |
4 | SNJ60003J | Metode Studi Islam (MSI) | 3 |
5 | NAS60002J | Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | 2 |
6 | PAI60002J | Praktek Qiroah | 2 |
7 | ITK60001J | Ushul Al-Tarbiyah | 3 |
TOTAL | 17 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | PAI60021J | Cirebon Studies | 3 |
2 | PAI60019J | Creative Content Production Pembelajaran PAI | 3 |
3 | PAI60001J | Desain Pembelajaran PAI berbasis digital | 3 |
4 | ITK60002J | Filsafat Pendidikan Islam | 3 |
5 | PAI60018J | Ilmu Tauhid | 2 |
6 | PAI6007J | Pengembangan Kurikulum | 3 |
7 | PAI60024J | Ushul Fiqh | 2 |
TOTAL | 19 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | ITK60004J | Etika dan Profesi Guru | 3 |
2 | JPA625002 | Fiqh Muamalat | 3 |
3 | PAI60035J | Literasi Digital Kitab Kuning | 2 |
4 | PAI60013J | Metodologi Penelitian PAI | 3 |
5 | PAI60011J | PAI Berbasis Moderasi Beragama | 3 |
6 | PAI60014J | Pengantar Teknologi Informasi | 3 |
7 | PAI60004J | Perencanaan dan Metode Pembelajaran | 3 |
8 | PAI60009J | Psikologi Pendidikan | 2 |
TOTAL | 22 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | PAI60038J | Bimbingan dan Konseling | 2 |
2 | PAI60039J | Class Room Action Reseach (PTK) | 3 |
3 | PAI60037J | Classroom Management PAI | 2 |
4 | SNJ62306 | Cyber Culture | 2 |
5 | PAI60040J | Fiqih | 2 |
6 | ITK60005J | Micro Teaching | 3 |
7 | PAI60036J | Pengembangan Media dan Bahan Ajar PAI | 3 |
8 | JPA625003 | Sosial Media Branding PAI | 2 |
TOTAL | 19 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | PAI60044J | Analisis Kurikulum dan Silabus PAI Satuan Pendidikan | 3 |
2 | PAI60041J | Inovasi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam | 3 |
3 | PAI60043J | Komunikasi Pembelajaran Era Digital | 3 |
4 | JPA625004 | Pendidikan PAI Luar Sekolah | 3 |
5 | PAI60042J | Pengelolaan Publikasi Ilmiah | 2 |
6 | JPA625006 | Praktek Mengajar Otentik (PLP) | 4 |
7 | PAI60046J | Sejarah Pendidikan Islam | 3 |
8 | PAI60045J | Sosiologi Pendidikan | 2 |
TOTAL | 23 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | PAIJ.6017 | Analisis Kebijakan Pendidikan | 2 |
2 | PAIJ.6019 | KKN | 4 |
3 | PAIJ.6026 | Pemanfaatan Artificial Intelgence dalam pembelajaran | 3 |
4 | PAIJ.6020 | Pengembangan evaluasi dan penilaian Hasil | 3 |
5 | ITK.0006 | Praktek Ibadah | 3 |
6 | PAIJ.6018 | Statistik Pendidikan | 3 |
7 | PAIJ.6027 | Tafsir dan Ilmu Tafsir | 2 |
8 | JPA625005 | Teknik Penulisan Proposal Skripsi | 2 |
TOTAL | 22 |
No | Kode | Nama | SKS |
1 | ITK.0007 | SKRIPSI | 6 |
TOTAL | 6 | ||
TOTAL SKS KESELURUHAN | 145 |
Rumusan CPL Prodi PJJ PAI ini mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kompetensi umum yang sesuai dengan Level 6 KKNI dan SN Dikti:
1. CPL 1: Menunjukkan perilaku berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan jujur dalam menjalankan tugas profesional sebagai pendidik, peneliti, dan konselor pendidikan Agama Islam.
2. CPL 2: Mampu bekerja sama secara efektif dalam tim dan berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
3. CPL 3: Menguasai konsep dasar, teori, dan metodologi Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital dan pembelajaran jarak jauh.
4. CPL 4: Memahami dasar-dasar ilmu pendidikan, psikologi belajar, dan teknologi pendidikan yang relevan untuk mengembangkan strategi pembelajaran PAI secara efektif.
5. CPL 5: Mampu menerapkan konsep Al-Qur’an, Hadis, Fiqih, Aqidah, dan Akhlak dalam konteks pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
6. CPL 6: Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran PAI yang efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam konteks PJJ PAI.
7. CPL 7: Mampu melakukan penelitian tindakan kelas dan penelitian ilmiah lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah/madrasah/pondok pesantren.
8. CPL 8: Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam menyampaikan materi PAI dan dalam berinteraksi dengan peserta didik dan masyarakat.
9. CPL 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran PAI berbasis teknologi yang interaktif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh.
10. CPL 10: Mampu memberikan bimbingan spiritual dan konseling Islam kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter Islami serta menangani masalah spiritual dan sosial.
11. CPL 11: Mampu merancang program pengajaran yang berorientasi pada pembelajaran mandiri dan kolaboratif dalam konteks ke-PAI-an, serta mengadaptasi metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi, edu.
12. CPL 12: Mampu menerapkan teori dan praktik Pendidikan Agama Islam secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pendidikan yang relevan dengan perkembangan masyarakat.
13. CPL 13: Mampu menjadi agen perubahan dalam pendidikan Islam dengan pendekatan multi disipliner dan menerapkan prinsip-prinsip pendidikan berkelanjutan yang berlandaskan nilainilai Islam.
Pembelajaran terbimbing dalam prodi PJJ PAI FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan secara sinkronus (real-time) dan asinkronus (tidak real-time) dengan menggunakan LMS Portal akademik produk dari gamatekno UGM, proses pembelajaran ini yang melibatkan berbagai bentuk interaksi antara dosen dan mahasiswa, pemanfaatan teknologi informasi dan multimedia. Berikut dokumen pembelajaran terbimbing
Pada prodi PJJ PAI ini diantaranya:
1. Tutorial adalah sesi interaktif antara mahasiswa dan dosen di mana konsep- konsep pembelajaran dijelaskan lebih rinci, pertanyaan diajukan, dan diskusi dilakukan. Tutorial dapat dilakukan secara langsung (sinkronus) atau asinkronus.
2. Chatting forum, Platform pembelajaran sering memiliki forum diskusi online di mana mahasiswa dan dosen dapat berkomunikasi secara asinkronus. Mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan, berdiskusi tentang materi, dan mendapatkan jawaban dari dosen atau sesama mahasiswa.
3. Simulasi virtual adalah penggunaan perangkat lunak untuk mensimulasikan situasi atau skenario tertentu. Ini bisa berupa simulasi laboratorium, pengujian ilmiah, atau pengalaman interaktif lainnya. Mahasiswa dapat belajar dan berinteraksi dengan simulasi ini secara mandiri.
4. Praktikum, mahasiswa dapat melakukan praktikum, praktik, atau PKL di tempat kerja atau institusi mahasiswa masing-masing atau institusi terkait sesuai arahan prodi atau dosen. Dosen memantau dan memberikan bimbingan jarak jauh selama pelaksanaan praktikum melalui LMS/portal akademik UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.
5. Pembelajaran mandiri adalah Mahasiswa belajar secara mandiri dengan mengakses bahan ajar yang telah disediakan di LMS, seperti modul, video pembelajaran, dan kuis. Jadi mahasiswa mempelajari materi pembelajaran sendiri dengan mengikuti panduan yang diberikan oleh dosen. Ini mungkin melibatkan membaca buku teks, menonton video pembelajaran, atau menjalankan latihan mandiri. Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen jika mereka mengalami kesulitan di LMS.
6. Teleconference adalah media komunikasi audio atau video secara real-time antara dosen dan mahasiswa melalui teknologi telekonferensi pada sesi pengajaran, presentasi, atau diskusi.
7. Kuliah daring/ sinkronus adalah sesi pembelajaran online yang dipandu langsung oleh dosen mencakup presentasi, diskusi, dan pertanyaan dari mahasiswa dan dosen menjawab.
8. Mahasiswa mengerjakan tugas berbasis proyek yang melibatkan penelitian, analisis, dan penerapan konsep pembelajaran dalam konteks praktis. dosen memberikan bimbingan dan umpan balik jarak jauh selama proses ini. Jadi bentuk pembelajaran terbimbing dilakukan oleh prodi PJJ PAI dengan dua model sinchronus dan asinchronus yang dilakukan dengan memanfaatkan portal akademik/LMS dan dikontrol sepenuhnya oleh dosen.