Pendidikan dan Pengajaran

NoKodeNama SKS
1SNJ60004JBahasa Arab 12
2NAS60003JBahasa Indonesia2
3SNJ60006JBahasa Inggris 12
4SNJ60001JIlmu Al-Quran3
5SNJ60002JIlmu Hadits3
6ITK60003JIlmu Pendidikan Islam3
7NAS60001JPancasila2
TOTAL17
NoKodeNama SKS
1PAI60003JAkhlaq Tasawuf3
2SNJ60005JKeterampilan Bahasa Arab 22
3SNJ60007JKeterampilan Bahasa Inggris 22
4SNJ60003JMetode Studi Islam (MSI)3
5NAS60002JPendidikan Kewarganegaraan (PKn)2
6PAI60002JPraktek Qiroah2
7ITK60001JUshul Al-Tarbiyah3
TOTAL17
NoKodeNama SKS
1PAI60021JCirebon Studies3
2PAI60019JCreative Content Production Pembelajaran PAI3
3PAI60001JDesain Pembelajaran PAI berbasis digital3
4ITK60002JFilsafat Pendidikan Islam3
5PAI60018JIlmu Tauhid2
6PAI6007JPengembangan Kurikulum3
7PAI60024JUshul Fiqh2
TOTAL19
NoKodeNama SKS
1ITK60004JEtika dan Profesi Guru3
2JPA625002Fiqh Muamalat3
3PAI60035JLiterasi Digital Kitab Kuning2
4PAI60013JMetodologi Penelitian PAI3
5PAI60011JPAI Berbasis Moderasi Beragama3
6PAI60014JPengantar Teknologi Informasi3
7PAI60004JPerencanaan dan Metode Pembelajaran3
8PAI60009JPsikologi Pendidikan2
TOTAL22
NoKodeNama SKS
1PAI60038JBimbingan dan Konseling2
2PAI60039JClass Room Action Reseach (PTK)3
3PAI60037JClassroom Management PAI2
4SNJ62306Cyber Culture2
5PAI60040JFiqih2
6ITK60005JMicro Teaching3
7PAI60036JPengembangan Media dan Bahan Ajar PAI3
8JPA625003Sosial Media Branding PAI2
TOTAL19
NoKodeNama SKS
1PAI60044JAnalisis Kurikulum dan Silabus PAI Satuan Pendidikan3
2PAI60041JInovasi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam3
3PAI60043JKomunikasi Pembelajaran Era Digital3
4JPA625004Pendidikan PAI Luar Sekolah3
5PAI60042JPengelolaan Publikasi Ilmiah2
6JPA625006Praktek Mengajar Otentik (PLP)4
7PAI60046JSejarah Pendidikan Islam3
8PAI60045JSosiologi Pendidikan2
TOTAL23
NoKodeNama SKS
1PAIJ.6017Analisis Kebijakan Pendidikan2
2PAIJ.6019KKN4
3PAIJ.6026Pemanfaatan Artificial Intelgence dalam pembelajaran3
4PAIJ.6020Pengembangan evaluasi dan penilaian Hasil3
5ITK.0006Praktek Ibadah3
6PAIJ.6018Statistik Pendidikan3
7PAIJ.6027Tafsir dan Ilmu Tafsir2
8JPA625005Teknik Penulisan Proposal Skripsi2
TOTAL22
NoKodeNama SKS
1ITK.0007SKRIPSI6
TOTAL6
TOTAL SKS KESELURUHAN145

Rumusan CPL Prodi PJJ PAI ini mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan kompetensi umum yang sesuai dengan Level 6 KKNI dan SN Dikti:
1. CPL 1: Menunjukkan perilaku berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan jujur dalam menjalankan tugas profesional sebagai pendidik, peneliti, dan konselor pendidikan Agama Islam.
2. CPL 2: Mampu bekerja sama secara efektif dalam tim dan berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
3. CPL 3: Menguasai konsep dasar, teori, dan metodologi Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital dan pembelajaran jarak jauh.
4. CPL 4: Memahami dasar-dasar ilmu pendidikan, psikologi belajar, dan teknologi pendidikan yang relevan untuk mengembangkan strategi pembelajaran PAI secara efektif.
5. CPL 5: Mampu menerapkan konsep Al-Qur’an, Hadis, Fiqih, Aqidah, dan Akhlak dalam konteks pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
6. CPL 6: Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran PAI yang efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya dalam konteks PJJ PAI.
7. CPL 7: Mampu melakukan penelitian tindakan kelas dan penelitian ilmiah lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah/madrasah/pondok pesantren.
8. CPL 8: Mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam menyampaikan materi PAI dan dalam berinteraksi dengan peserta didik dan masyarakat.
9. CPL 9: Mampu mengembangkan media pembelajaran PAI berbasis teknologi yang interaktif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh.
10. CPL 10: Mampu memberikan bimbingan spiritual dan konseling Islam kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter Islami serta menangani masalah spiritual dan sosial.
11. CPL 11: Mampu merancang program pengajaran yang berorientasi pada pembelajaran mandiri dan kolaboratif dalam konteks ke-PAI-an, serta mengadaptasi metode pembelajaran sesuai dengan perkembangan teknologi, edu.
12. CPL 12: Mampu menerapkan teori dan praktik Pendidikan Agama Islam secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pendidikan yang relevan dengan perkembangan masyarakat.
13. CPL 13: Mampu menjadi agen perubahan dalam pendidikan Islam dengan pendekatan multi disipliner dan menerapkan prinsip-prinsip pendidikan berkelanjutan yang berlandaskan nilainilai Islam.

Pembelajaran terbimbing dalam prodi PJJ PAI FITK UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dilaksanakan secara sinkronus (real-time) dan asinkronus (tidak real-time) dengan menggunakan LMS Portal akademik produk dari gamatekno UGM, proses pembelajaran ini yang melibatkan berbagai bentuk interaksi antara dosen dan mahasiswa, pemanfaatan teknologi informasi dan multimedia. Berikut dokumen pembelajaran terbimbing
Pada prodi PJJ PAI ini diantaranya:
1. Tutorial adalah sesi interaktif antara mahasiswa dan dosen di mana konsep- konsep pembelajaran dijelaskan lebih rinci, pertanyaan diajukan, dan diskusi dilakukan. Tutorial dapat dilakukan secara langsung (sinkronus) atau asinkronus.
2. Chatting forum, Platform pembelajaran sering memiliki forum diskusi online di mana mahasiswa dan dosen dapat berkomunikasi secara asinkronus. Mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan, berdiskusi tentang materi, dan mendapatkan jawaban dari dosen atau sesama mahasiswa.
3. Simulasi virtual adalah penggunaan perangkat lunak untuk mensimulasikan situasi atau skenario tertentu. Ini bisa berupa simulasi laboratorium, pengujian ilmiah, atau pengalaman interaktif lainnya. Mahasiswa dapat belajar dan berinteraksi dengan simulasi ini secara mandiri.
4. Praktikum, mahasiswa dapat melakukan praktikum, praktik, atau PKL di tempat kerja atau institusi mahasiswa masing-masing atau institusi terkait sesuai arahan prodi atau dosen. Dosen memantau dan memberikan bimbingan jarak jauh selama pelaksanaan praktikum melalui LMS/portal akademik UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.
5. Pembelajaran mandiri adalah Mahasiswa belajar secara mandiri dengan mengakses bahan ajar yang telah disediakan di LMS, seperti modul, video pembelajaran, dan kuis. Jadi mahasiswa mempelajari materi pembelajaran sendiri dengan mengikuti panduan yang diberikan oleh dosen. Ini mungkin melibatkan membaca buku teks, menonton video pembelajaran, atau menjalankan latihan mandiri. Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen jika mereka mengalami kesulitan di LMS.
6. Teleconference adalah media komunikasi audio atau video secara real-time antara dosen dan mahasiswa melalui teknologi telekonferensi pada sesi pengajaran, presentasi, atau diskusi.
7. Kuliah daring/ sinkronus adalah sesi pembelajaran online yang dipandu langsung oleh dosen mencakup presentasi, diskusi, dan pertanyaan dari mahasiswa dan dosen menjawab.
8. Mahasiswa mengerjakan tugas berbasis proyek yang melibatkan penelitian, analisis, dan penerapan konsep pembelajaran dalam konteks praktis. dosen memberikan bimbingan dan umpan balik jarak jauh selama proses ini. Jadi bentuk pembelajaran terbimbing dilakukan oleh prodi PJJ PAI dengan dua model sinchronus dan asinchronus yang dilakukan dengan memanfaatkan portal akademik/LMS dan dikontrol sepenuhnya oleh dosen.

Scroll to Top